DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Mengenal Social Media

01 September 2008

Sekarang ada banyak sekali situs-situs berjenis social media yang menjamur di internet, apa sih social media itu? Apa situs ini sering melakukan bakti sosial? Gak kali ya... hehe

Definisi situs social media adalah situs sebagai media social ... hehe singkat banget artinya yah. Secara umum situs social media adalah situs yang memberikan fasilitas komunikasi dan komunitas atau saling berbagi di antara para membernya, baik itu berbagi informasi, file, gambar, video dll.

Dilihat dari typenya ada beberapa jenis social media, antara lain :

Social bookmark
Adalah situs dengan fasilitas bookmark online, kita bisa membookmark situs-situs apa saja yang kita sukai, dan membukanya di komputer mana saja selama terhubung dengan internet. Kita juga bisa mensharing situs yang kita bookmark kepada member lainnya. Biasanya member lain akan memberikan voting pada situs-situs yang menarik. Fitur ini sering juga digunakan untuk mempromosikan artikel atau website. Terutama jika artikel tersebut berbahasa Inggris. Contoh social bookmark : StumbleUpon, Digg, Delicious, Faves, Mixx dll.

Selain itu dengan social bookmark kita juga bisa mendapatkan info-info terbaru mengenai berbagai hal yang dibookmark oleh member lainnya. Untuk mencari artikel terpopuler yang dibookmark di berbagai social bookmark, anda bisa melihatnya di popurls.

Social Directory
Adalah situs untuk mempromosikan situs kita dan membentuk group atau komunitas dengan sesama member yang memiliki minat yang sama. Bedanya dengan social bookmark, di sini member hanya bisa mempromosikan (mensubmit) situs miliknya sendiri (situs dengan jenis tertentu). Dan member juga hanya bisa membookmark atau memvoting terbatas hanya pada situs-situs milik member lainnya.

Biasanya social directory mengunakan file rss feed sebagai data sehingga kita bukan hanya mendapatkan url situsnya saja tapi juga artikel-artikel terbaru dari situs tersebut.

Contoh social directory : Mybloglog, BlogCatalog, dll.

Social Feed Sharing (Feed Agregator)
Ini adalah gabungan dari social bookmark dan social directory, dimana kita bisa mensubmit situs apa saja yang memiliki fasilitas rss feed dan mensharingnya kepada member lain. Contohnya : Technorati, Friendfeed dll

Social Network
Adalah situs yang lebih mengutamakan pada membangun komunitas membentuk jaringan pertemanan (relasi), komunikasi dan saling berbagi informasi antar membernya. Contoh social network : Friendster, Facebook, MySpace, Yuwie, Frenszone dll.

Social MultiMedia
Di situs ini kita dapat saling berbagi mengenai media tertentu.
Misalnya: Flickr untuk berbagi gambar
YouTube dan Vimeo untuk berbagi video
imeem untuk berbagi audio dan musik

Artikel Terkait



9 comments:

Anonymous said...

wah informasi ini baru pertama kali saya dapet, kayaknya boleh juga neh dicoba. maaf ya bro blm sanggup ngasih komen untuk posting ini, terlalu tinggi.

Anonymous said...

baru tw.. perlu coba2.. nih

Anonymous said...

Banyak blogger yang nulis klo promosiin situs lewat Social Network dan Bookmark itu bagus... tapi entah kenapa saya ga pernah ngejalanin..

Mungkin karena saya orangnya individualis jadinya ga suka pake yang begituan...

Wira said...

@Ester - sebetulnya social bookmark berguna juga untuk mensosialkan alias mengiklankan situs kita, mungkin sekali2 perlu dicoba :)

Buy Cheap Facebook Post Likes said...

The post is very nice. I just shared on my Facebook Account.

FB Post Likes said...

Thank you for the impressive post.

Private Hookah Lounge - Amaseenala said...

Thank you for this great article.

Educational Playground said...

Thank you for the impressive post.

Unknown said...

Thank you for the post.

With love <3
HubSpot Content Marketing Certification Exam Answers

Post a Comment