DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Studi Banding Kasus SEO

04 February 2009

Akhir-akhir ini saya lagi rajin mempelajari ilmu SEO, karena saya masih newbie dalam hal ilmu SEO, padahal ilmu SEO itu penting loh. Posting ini saya buat sebagai studi banding kasus SEO antara dua buah blog saya. Mudah-mudahan bisa dijadikan bahan pelajaran juga.

Yang pertama adalah Tips Bisnis Internet, sebuah blog yang saya buat khusus untuk mempromosikan link affiliasi bisnis online. Dan yang kedua adalah blog Link Promo ini.

Analisa studi banding SEO yang saya lakukan adalah dengan memasukkan judul dari setiap artikel secara utuh di mesin pencari google. Kenapa judul artikel? karena logikanya judul artikel utuh tentunya jarang yang sama sehingga kompetisinya lebih sedikit dan kalau judul artikel saja tidak terindeks di search engine buat apa repot-repot cari kata kunci lainnya. Betul gak?

Hasilnya :
Hampir semua judul artikel di Tips Bisnis Internet menduduki posisi top 10 google, sedangkan judul artikel Link Promo hampir tidak ada yang di top 10 google, kalaupun ada hasilnya merupakan link dari situs lain seperti Mybloglog, Blogcatalog, atau Stumbleupon.

Loh kenapa bisa begini? Saya juga belum menemukan jawabannya. Bisa jadi karena judul-judul artikel di Link Promo terlalu pasaran sehingga banyak saingan. Padahal umur kedua blog ini kurang lebih hampir bersamaan. Dari segi PR, Link Promo ber-PR 3 sedangkan Tips Bisnis Internet ber-PR 2. Betul-betul misterius.

Lalu saya ingat-ingat apa saja yang saya lakukan pada kedua blog tersebut. Dan jadilah hasil studi banding kasus SEO ini sebagai berikut :

Tips Bisnis Internet :
1. Blog sangat jarang diupdate, artikelnya hanya 6 postingan.
2. Tidak ada tukar link.
3. Tidak ada tembak-menembak keyword pada content.
4. Karena merupakan blog promosi saya sering mempromosikan link url blog (bukan url post) ke situs-situs iklan dengan anchor text yang sama dengan judul blog. Mungkin one way link ini juga berpengaruh. Atau karena situs iklan baris juga sering promosi?
5. Karena sering berpromosi pengunjungnya juga lumayan banyak. Apa ini juga berpengaruh?

Link Pomo :
1. Blog lebih sering diupdate, artikel cukup banyak.
2. Sering bertukar link.
3. Tembak keyword belum saya aplikasikan, kan baru mau belajar :)
4. Jarang saya promosikan di situs iklan baris.
5. Pengunjung lebih sedikit.

Nah dari sini bisa gak anda ambil kesimpulan, karena saya juga masih bingung :)

Artikel Terkait



8 comments:

Wira said...

Masih belum terindex juga di google search, padahal di blogsearch. google sudah menduduki posisi teratas. Aneh ...

Wira said...

akhirnya masuk juga di top 10 google dengan kata kunci "studi banding kasus seo" meskipun diurutan 9 :)

Anonymous said...

wah gak akurat dong :D

Wira said...

Wah ... kedatangan peserta kontes.. jadi malu saya

maklum msh belajar boss :-)

Anonymous said...

wah..mas mas ini hebat2 ya..gmn ya caranya tukar link di web site..? karena aku ada web site, klo ga keberatan coba di tilik bentar, www.surabayamesin.com , saya ingin berbagi link dengan teman2..

Wira said...

Biasa aja kok mas Sony ... masih belajar :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

hmm.. sekali2 perlu juga nih studi banding kayak gini :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang said...

memang bagus mas..

Post a Comment