DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Nofollow, Page Rank & SEO (1)

18 May 2008

Melanjutkan posting saya sebelumnya, rasanya kurang tepat kalau saya tidak membahas lebih jauh tentang Nofollow.

Menyebar Link meningkatkan trafik
Sudah menjadi kebiasaan para webmaster untuk meningkatkan trafik dengan menggunakan backlink dari situs lain, baik itu di web directory, social bookmarking, situs iklan, maupun melalui pertukaran link sahabat. Dan memang link masih merupakan salah satu media promosi yang paling sederhana dan cukup signifikan, terutama bagi blog atau web baru. Semakin banyak backlink menuju situs tersebut, maka semakin besar kemungkinan trafik terjadi. Jumlah link juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perhitungan Page Rank.

Istilah :
Inbound Link : Link di situs lain yang menuju situs Anda (backlink).
Outbound Link : Link di situs Anda yang menuju situs lain

Page Rank
Page Rank (PR) adalah peringkat yang diberikan oleh search engine untuk menunjukkan berapa penting situs tersebut di mata suatu search engine. Semakin besar PR suatu situs maka semakin dianggap penting oleh search engine. Setiap search engine memiliki perhitungan Page Rank masing-masing. Tapi secara umum Page Rank ditentukan oleh jumlah dan type link, baik itu inbound maupun outbound.

Setiap inbound link menuju situs Anda akan dianggap sebagai vote bagi situs Anda. Begitu pula sebaliknya. Jadi semakin banyak inbound link menuju situs Anda akan semakin besar PR situs Anda.

Yang menjadi masalah adalah ketika Google dengan kampanye anti-spamnya menerapkan kebijakan nofollow, yang kemudian diikuti oleh Yahoo, MSN dan beberapa social bookmarking.

Apa itu nofollow? Dengan atribut nofollow link pada suatu situs tidak akan dianggap dalam perhitungan Page Rank. Sedangkan kebalikannya disebut follow atau dofollow. Nofollow sendiri sebenarnya bertujuan untuk mengurangi aktivitas para spammer, pada blogger fungsi nofollow secara default aktif di bagian komentar. Hal ini diharapkan membuat para spammer menjadi malas untuk menyebar link.

Dengan kebijakan ini mbah Google memberikan penalty Page Rank pada situs-situs yang tidak menerapkan nofollow terutama pada paid link (link berbayar) seperti TLA, Adbrite dll. Rupanya Google gak mau tersaingi.

Tapi bagaimana robot google bisa membedakan mana paid link atau bukan, kita asumsikan saja hal ini juga berlaku pada semua link. Jadi kalau Anda ingin mengaktifkan nofollow, jangan tanggung-tanggung berlakukan juga untuk semua outbound link ke situs yang tidak setopik di seluruh blog seperti blogroll, content, dan advertising link.

Cara membuat nofollow untuk link:
<a href="namasitus" rel="nofollow">namasitus<a>

Bagaimana meningkatkan Page Rank dengan menyebar link?
Saya akan bahas pada posting berikutnya.

Artikel Terkait



9 comments:

Anonymous said...

saya ngga ngerti, gmn sistem kerjanya text link center tsb. pas saya coba cek yg dinilai useless malah link ke profil blogger saya ...

Anonymous said...

"Rupanya Google gak mau tersaingi"

- hehe yuppe mas setuju sama yang ini...padahal pertama kali mereka berdiri ya ngemis-ngemis minta link (larry & sergey sperti kacang lupa kulitnya)

Untuk mengetahui apakah suatu link perlu atau tidak dapat dicheck melalui textlinkcenter

- thanks nih buat tool nya :D

Anonymous said...

wah.. thanks infonya... tapi masi belum ngerti...
tapi thanks yak..

http://allmyupload.blogspot.com

Anonymous said...

sama seperti mas blogger holic ai rada ga ngerti apa itu textlink center

Anonymous said...

Betul mas kayaknya textlink center agak membingungkan dan aneh hasilnya... ah daripada bingung2 sy hapus aja deh supaya gak sesat dan menyesatkan.. hehe

Anonymous said...

Artikel mas bagus-bagus dan berbobot, smoga makin jaya.....

sawa (tukang sapu radio) said...

hi.. hi... sama nich... yang ada ditempatku juga begitu lho..

Anonymous said...

bener2 bermanfaat nih artikel, soalnya lg ningkatin link situs baru nih, thanks mas arpan

Anonymous said...

wah artikelnya bagus thx atas tipsnya

Post a Comment