DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Apa itu RSS Feed?

04 May 2008

Awalnya saya bingung dengan istilah RSS, apa sih RSS? Ternyata setelah browsing kesana kesini jadi ngerti juga. RSS itu gini loh...

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary yaitu sebuah format programming web berbasis XML. Fasilitas RSS dapat dikatakan sebagai pengembangan dan gabungan dari fasilitas bookmark dan milis (email otomatis). Sederhananya begini, dengan fasilitas RSS kita mendapatkan fungsi bookmark dan milis sekaligus, tentu saja dengan kenggulan yang lebih. Masih bingung?

Dengan bookmark kita dapat menyimpan alamat situs-situs yang kita sukai, sehingga kita lebih mudah mengunjungi situs tersebut tanpa harus search lagi. Tetapi untuk mengetahui update-update terbaru contohnya untuk situs berita, tentu saja kita harus mengunjungi situs tersebut terlebih dahulu. Selain butuh waktu loading lebih lama, bagi yang menggunakan koneksi sistem kuota byte tentu sangat boros sekali.

Berbeda dengan bookmark, fasilitas milis suatu group akan menampilkan semua judul email terbaru, sehingga kita tidak perlu membuka satu-persatu email kita cukup dengan membaca judulnya saja. Jika kita tertarik baru kita buka. Hanya saja fasilitas ini baru terbatas pada email saja bukan berita atau artikel pada website, dan lagi email kita sering kebanjiran kiriman SPAM yang akhirnya malah menambah kerjaan untuk menghapusnya.

Nah fasilitas RSS ini memiliki gabungan kelebihan dari kedua fasilitas tersebut. Dengan RSS kita bisa membookmark situs mana saja yang kita sukai, sekaligus menerima berita-berita atau update terbaru dari situs itu tanpa perlu membukanya. Dan kita tidak perlu repot menghapus berita-berita yang kita tidak sukai karena fasilitas pembaca RSS secara otomatis akan mengupdate dan menampilkan berita-berita terbaru, artinya berita yang lama otomatis akan terhapus dan diupdate dengan berita terbaru. Kelebihan lainnya adalah dari segi kecepatan loading karena RSS hanya mengambil feed (muatan) berupa text bukan gambar, sehingga proses loading lebih cepat. Fasilitas ini tentu saja hanya terbatas pada situs-situs yang dilengkapi dengan fasilitas RSS, biasanya terdapat logo RSS.

Untuk mengakses feed RSS, Anda tinggal mengklik logo RSS atau subscribe to RSS atau mencopy paste url feed RSS di program RSS reader.

Seperti yang saya sebutkan di atas untuk menerima data RSS dibutuhkan program pembaca RSS yang biasa disebut juga sebagai agregator. Ada banyak sekali program pembaca RSS diantaranya yang terkenal adalah MyYahoo, Google Reader atau SharpReader bahkan browser Mozilla Firefox juga sudah dilengkapi dengan live bookmark RSS. Selain berbasis teks RSS ada juga yang berbasis musik seperti Podcatchers untuk podcast.

Program pembaca RSS feed ini ada beberapa jenis, Pembaca RSS Online seperti MyYahoo dan Google Reader menyimpan data di server bukan di PC sehingga RSS bookmark Anda bisa dibuka dari komputer manapun selama terhubung dengan internet. Sedangkan Pembaca RSS Mozilla dan SharpReader menyimpan data di harddisk sehingga Anda hanya bisa mengakses dari komputer itu saja. Selain itu ada juga RSS reader yang khusus untuk handphone yang memungkinkan Anda membaca RSS dari hp. Bahkan RSS feed suatu situs dapat dimuat juga di situs lain, yang menampilkan headlines berita atau topik dari situs tersebut.

Di kalangan internet marketing keberadaan RSS ini memiliki nilai positif dan negatif. Positifnya adalah dengan adanya RSS postingan terbaru lebih mudah disebarkan kepada pembaca yang tentu saja menjadi nilai plus bagi pembaca situsnya. Nilai negatifnya, pembaca tidak perlu lagi mengunjungi situs tersebut untuk membaca berita terbaru sehingga situs tersebut menjadi sepi pengunjung dan tentu saja mengurangi pemasukan dari pasokan iklan dalam situs tersebut.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangaannya, kita tetap perlu mengacungi jempol atas kemajuan teknologi ini. Tinggal bagaimana kreativitas kita menyikapi dan memanfaatkan kelebihan yang ditawarkan fasilitas ini.

Artikel Terkait



5 comments:

Anonymous said...

penjelasanya bagus jelas bgt nih :)

Unknown said...

Its okey..!

Anonymous said...

Its okey..!

Blog kontes said...

oke akn kita coba

roseeda said...

saya jg bertahun-tahun gk mudeng2 ma RSS.
krn beda org beda pnjelasan n cara.
jd binun aplikasinya.
hehe
smg kali ni bisa paham

Post a Comment