DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Mengenal StumbleUpon

15 July 2008

StumbleUpon adalah salah satu situs social bookmark yang cukup terkenal. Sudah banyak yang membuktikan keampuhan situs ini dalam meningkatkan trafik, termasuk saya sendiri. Salah satu toko zlio saya sempat langsung mendapat trafik 293 visitor dalam satu hari setelah dibookmark. Sayangnya sesuatu yang datangnya tiba-tiba, berakhirnya juga cepat... hiks.

Dengan StumbleUpon kita dapat membookmark situs apa saja yang kita sukai, termasuk situs kita sendiri tentunya, dan men-sharing (promosi) situs itu kepada member lainnya di seluruh dunia yang memiliki minat yang sesuai.

StumbleUpon memiliki sistem browsing yang khas dimana sebuah situs akan diantarkan langsung kepada member lain yang memiliki minat yang sesuai, bukan hanya berupa penggalan kalimat atau screenshot tetapi berupa situs seutuhya. Cara kerjanya mengingatkan saya dengan program autosurf, di sini istilahnya stumble. Ketika kita ber-stumbling kita akan disuguhkan situs-situs yang telah dibookmark sesuai dengan minat kita.

SELUK BELUK STUMBLEUPON
Setelah Anda mendaftar, Anda diharuskan menginstall add-on Toolbar StumbleUpon dibrowser, ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas di StumbleUpon.

Setelah login Anda akan masuk ke member area. Saya akan jelaskan beberapa saja yang penting, sisanya silahkan Anda explore sendiri.

Home : adalah control panel Anda, disini Anda dapat mulai mengedit profil Anda di StumbleUpon.

Preferences – Personal Information : Isi dengan data diri Anda, jangan lupa untuk upload foto (avatar) karena merupakan syarat ikut serta dalam group dan mengirim message.
  • My Favorites : pilih jenis situs yang akan diperlihatkan di profil Anda.
  • Stumble Setting : pilih jenis situs yang akan Anda kunjungi ketika ber-stumbling.
Preferences – My Interest : Pilih topik apa saja yang Anda minati, Anda hanya akan mengunjungi situs-situs sesuai dengan topik yang Anda pilih ketika ber-stumbling.

Preferences – Public Profile : Isi dengan data-data yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung profil Anda.
  • Tell others about things you are interested in : isi dengan hal-hal yang Anda sukai, ini akan nge-link dengan member lain yang memiliki kesukaan yang sama.
Home – Favorites – My Blog
Ini adalah blog Anda di StumbleUpon yang akan dilihat oleh member lain yang mengunjungi profil Anda. Seperti blog biasa, Anda bisa mengisinya dengan artikel, gambar, html, dan review situs yang Anda bookmark.
  • Untuk mengubah tampilan blog Anda dapat memilih display list atau grid.
  • Untuk mengubah tampilan gambar situs yang Anda bookmark di blog : Preferences – Public Profile – Viewing Preferences - Default view for my blog
CARA MEMBOOKMARK SITUS
Kunjungi situs yang akan di bookmark.
  • Jika di situs tersebut ada fasilitas tombol StumbleUpon, Anda tinggal mengklik tombol tersebut dan ikuti langkah selanjutnya, jangan lupa pilih topik dan ketik tag (kata kunci) yang sesuai.
  • Jika di situs tersebut tidak ada fasilitas tombol StumbleUpon. Aktifkan (login) toolbar StumbleUpon yang sudah diinstall. Pada posisi browser di situs yang akan dibookmark, klik tombol “I like it” di toolbar StumbleUpon, pilih topik dan ketik tag (kata kunci) yang sesuai. Untuk menghapus bookmark klik tombol sebaliknya.
Cara membookmark gambar.
Klik kanan pada gambar pilih “StumbleUpon Photoblog it”

Kalau Anda mengaktifkan pilihan “share favorites” di preferences maka situs yang Anda bookmark akan disebarkan kepada semua member (sesuai minat) yang sedang ber-stumbling.

Melihat hasil bookmark sesuai tag, pada menu Home-Favorites di sebelah kanan klik “Find pages you like” pilih tag.

JALAN-JALAN NAIK STUMBLEUPON.
Untuk mulai ber-stumbling Anda hanya tinggal mengklik tombol “Stumble” di toolbar, dan Anda akan di ajak berkeliling mengunjungi situs-situs yang sesuai minat Anda. Anda bisa membookmark situs yang Anda suka dan memberikan review. Situs yang Anda review otomatis masuk juga ke dalam blog Anda.
Tips : cara memasukkan kalimat dalam situs ke review Anda tanpa perlu mengetik ulang, blok dengan mouse kalimat dalam situs, klik tombol review atau "I like it" atau sebaliknya, otomatis kalimat tersebut akan dicopy kedalam review Anda.
Ada beberapa pilihan ber-stumbling (pada toolbar)
  • Search box : stumble berdasarkan kata kunci atau tag, ketik tag, klik stumble atau enter
  • Channel : stumble berdasarkan bookmark teman, image, video, website tertentu, topik tertentu dll.
Untuk on/off toolbar StumbleUpon bisa tekan ctrl-F11

Anda bisa juga browsing melalui website atau profil Anda (bukan toolbar) yaitu di
Bingung nyari menu logout?
Cari di tollbar : tools, Sign-out.

Next post saya akan bahas tips bersosialisasi dan promosi di StumbleUpon

Selamat berstumble ria.

UPDATE : sekarang tidak perlu lagi menginstal toolbar stumbleupon.

Artikel Terkait



2 comments:

Anonymous said...

postingan stumble nya bagus, bikin saya mengerti fungsi stumbleupon :)

Wira said...

Terima kasih... mudah2an bermafaat.

Post a Comment