DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Tips Optimasi Zlio Store (1)

01 July 2008

Alhamdulillah, meskipun hasilnya masih sedikit (belum bisa di withdraw hehe). Paling tidak toko-toko saya di zlio sudah memperlihatkan kemajuan dan mudah-mudahan bisa menjadi penghasilan pasif buat saya. Nah posting ini saya khususkan untuk sedikit sharing tips optimasi dan promosi hasil pengalaman selama buka toko di Zlio, karena cukup panjang saya bagi posting ini menjadi 2 bagian.

1. Buatlah satu toko dengan satu tema tertentu.
Jangan membuat "supermall online" yang berisikan berbagai macam produk yang berbeda tema. Hal ini berkaitan dengan pemilihan keyword (kata kunci) untuk search engine dan memudahkan memilih kategori ketika submit di situs directory. Semakin sempit & fokus temanya semakin baik.

Anda bisa membuat tema berdasarkan kegiatannya, misalnya tentang Travel, isi toko Anda dengan hal-hal yang berkaitan dengan keperluan traveling seperti peta, tas, kamera dll. Saya pribadi lebih suka memilih tema berdasarkan produknya, contoh : computer, lebih sempit lagi : monitor, lebih sempit lagi : monitor LCD.

Sebagai bahan pertimbangan Anda bisa melihat daftar merchant dan membandingkan komisi yang diberikan. Pada bagian "manage store" lihat bagian paling bawah sebelah kanan, pada kolom "my revenue" klik "manage merchants".

2. Fokus Managemen.
Mengelola toko online hampir sama dengan toko offline. Meskipun Anda bisa membuat 50 toko dalam satu account, saran saya fokuslah pada 1-5 toko dulu, karena untuk mengoptimalkan (dan promosi) satu toko saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Menurut saya lebih baik mengelola sedikit toko tapi optimal dan menghasilkan daripada mengelola 50 toko tapi tidak ada yang optimal.

3. Optimasi keyword & produk.
Keyword akan berguna dalam pencarian melalui search engine, semakin sering berulang suatu kata semakin besar bobotnya dan semakin besar pula kemungkinan muncul di halaman atas search engine pada saat kata itu dicari.

Pemilihan produk yang sejenis dan sesuai dengan tema keyword akan mempengaruhi bobot keyword Anda, karena setiap produk di zlio memiliki judul dan deskripsi produk masing-masing, semakin banyak keyword Anda terdapat dalam setiap judul & deskripsi produk yang Anda pilih akan semakin baik. Penggunaan keyword pada judul maupun sub judul (kategori) juga akan menambah bobot keyword tersebut.

Gunakan fasilitas modul header meta tag yang disediakan untuk menentukan keyword toko Anda. Pilih beberapa keyword yang sesuai, usahakan tidak lebih dari 20 keyword.

Untuk memudahkan memilih keyword yang sesuai dengan toko Anda bisa gunakan add-on mozilla ini : KGen Keyword Generator. Setelah terinstall di browser, scan toko Anda dan pilih hasil keyword yang sesuai dengan bobot tertinggi, masukkan dalam meta tag. Software ini juga bisa digunakan untuk situs atau blog Anda yang lain.

Untuk memperkuat keyword (optional), Anda juga bisa menambahkan review produk dan tag produk. Selain itu juga dengan memasukkan deskripsi toko Anda atau artikel produk Anda. Caranya klik pada "store identity" masukkan deskripsi atau artikel singkat yang mendukung produk Anda. Atau pada "store display" klik "header and footer". Anda juga bisa menambahkan code html video atau foto galery produk Anda.

4. Optimalkan modul dan fasilitas toko Anda.
Untuk menambah pendapatan Anda, jangan lupa masukkan kode google adsense di modul google adsense dan aktifkan mode PPC (Pay Per Click) toko zlio Anda.

Gunakan modul statistik untuk menganalisa pengunjung toko Anda. Anda bisa menggunakan beberapa layanan web statistik gratis yang tersedia di internet, tapi saya lebih cenderung menggunakan google analytic.

Aktifkan link antar toko-toko Anda dengan modul shoproll. Dan untuk promosi pasang modul zliozone widget di blog Anda.

Untuk memudahkan pengunjung mem-bookmark toko Anda aktifkan template version 3.5 karena sudah dilengkapi fasilitas tombol social bookmark. Caranya pada "store display" klik "display parameter" aktifkan versi 3.5.

Bersambung ke bagian 2

Artikel Terkait



3 comments:

Nemesis said...

zilo bagus buat 'free store' mah..cuman items nya gak bisa masukin punya sendiri..terus situs ini banyak di endorse dari Barnes N Noble...tp good lah...

Wira said...

Memang keliatan banget klo produk Barnes N Noble mendominasi zlio. Sy juga kurang suka, soalnya komisinya kecil banget.

Tapi kita bisa pilih produk dari endorse lainnya yang ngasih komisi gede misalnya magazine.

heru said...

ijin copas mas....biar gak lupa.........aq dah jdi member cmn belum tak optimasikan..........

Post a Comment