DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Tips Mengelola Banyak Blog

24 May 2008

Mengelola banyak blog memang sering membuat pusing, terutama kalau blognya tidak sejenis, karena akan menghabiskan banyak waktu dan uang tentunya. Apalagi bagi Anda yang juga bekerja. Masalahnya terkadang dalam satu waktu kita mendapat beberapa ide postingan, dan di waktu lain tidak ada ide sama sekali atau ada ide tapi tidak ada waktu.

Berikut ini beberapa tips yang cukup efisien untuk memanage banyak blog. Terutama untuk blog baru yang masih minim postingan.

Tahap Awal:
  1. Luangkan waktu 1-2 hari saja untuk membuat 2-4 post untuk setiap blognya. Kalau sulit buatnya, cari topik yang ringan saja. Yang penting tercapai target jumlah tersebut di atas.
  2. Postingan tersebut jangan langsung dipublish. Gunakan fasilitas posting terjadwal dari blogger. Pada bagian new posting sebelah bawah klik "Post Options" masukkan tanggal dan waktu kapan posting akan ditayangkan, klik publish maka post Anda akan di schedule (jadwal).
  3. Idealnya jadwal posting 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lama. Kalau terlalu cepat, posting Anda sebelumnya akan tertimpa posting baru sebelum ada yang membacanya. Saya sendiri juga paling hanya seminggu sekali mengupdate blog ini.
Sampai di sini sudah aman untuk masalah posting paling tidak untuk 1 bulan ke depan. Meskipun tidak online posting Anda akan terupdate. Jadi Anda tidak perlu setiap hari mengupdate blog Anda, bukan berarti Anda harus terus mengupdate blog tetapi semakin banyak konten blog Anda semakin baik, terutama bagi blog yang masih baru.

Selanjutnya buat jadwal rutin mingguan.
Sesuai dengan waktu luang Anda.
  1. Jadwalkan 1 hari untuk membuka email, menjawab komentar kalau ada, mengunjungi blog tamu sambil bertukar link, bersocialisasi di social network, sambil baca-baca blog teman dan cari topik-topik hangat yang menarik.
  2. Jadwalkan 1 hari untuk membuat 1-2 posting baru. Terserah Anda apakah posting itu langsung di publish atau di jadwalkan lagi. Untuk posting topik-topik yang aktual sebaiknya langsung dipublish. Kalau dalam seminggu Anda bisa menyimpan 4-8 posting, berarti Anda sudah menyimpan untuk 2 bulan kedepan.
  3. Selanjutnya Anda bisa libur dulu memposting, dan bisa mengupdate blog lainnya :)

Artikel Terkait



9 comments:

Test Dashboard mWater Jatim said...

wah, gara2 axis udah ngga free inet lagi, jadi jarang2 buka blog neeh.. hikss..

Anonymous said...

It's really very useful inputs,..thanks brother.

I've link ur URL to my blogroll, please linkback here if u don't mind
Thanks

Anonymous said...

thanks bro.
key: automatic scheduled posting.
of course not a copy-paste article:)

Wira said...

Hehe... iya nih gara2 tulisan saya tentang copy paste itu... akhirnya nemu juga yang copy paste artikel saya di blog lain... yah anggap aja sedekah hihi.

Anonymous said...

Waduh satu blog aja udah repot yang update, aplagi banyak ??, kalau internet bisa gratis bloeh juga kayaknya he22

Anonymous said...

yoi... keren... berguna banget bo... hehehe...

dhimas said...

wah makasih bos tips nya, niar tak cobain deh

b4502i said...

sip bos, amat bagus nich tips nya

the baby said...

nice posting, thanks very much

Post a Comment