DISTRO BANDUNG

DAPATKAN PRODUK-PRODUK BAJU DISTRO DI MORUKAHOUSE.COM
Tersedia baju-baju gaul, kaos gaul dengan desain khusus buat kamu yang gaul abis. Kaos distro, celana, jacket, topi, sandal dan berbagai macam accessories gaul buatmu
Hanya di MorukaHouse.com
Telah dibuka cabang distro kami di Jl. Rais A. Rahman No. 49 Pontianak

Tips promosi di StumbleUpon

22 July 2008

StumbleUpon sebenarnya bukanlah situs promosi, tetapi dengan adanya fungsi sharing bookmark dan social membuka peluang bagi kita untuk mempromosikan situs kita secara gratis.

Berikut ini beberapa tips meningkatkan pengunjung ke profil Anda :

1. Buatlah blog (di StumbleUpon) yang menarik
Blog adalah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung di profil Anda. Kalau saya lihat blognya para Top Stumbler punya ciri khas yaitu banyak dipenuhi gambar. Karena itu percantiklah blog stumble Anda dengan bookmark gambar-gambar yang menarik. Kita bisa mencari gambar di stumbleupon, flickr, atau dimana saja.

Mau lihat blognya TopStumbler, klik gambar ini :

Cara membookmark gambar : klik kanan pada gambar, klik "StumbleUpon PhotoBlog it".

Nah di antara gambar-gambar itu sesekali diselingi situs yang kita promosikan, tambahkan kata-kata review yang mengundang pengunjung supaya tertarik dan mengklik situs kita.

Sebenarnya TOS StumbleUpon melarang untuk membookmark situs yang sama berulang-ulang, tapi berhubung fasilitas ini gak ada hubungannya sama duit, jadi nothing to lose... hehe. Paling tidak bisa dicoba dengan membookmark domain yang sama tapi dengan halaman url yang berbeda.

2. Lengkapi profil dengan gambar (avatar), kalau perlu gambar cewek supaya lebih menarik hehe..

3. Isi juga favorite yang ada di Public Profile supaya nge-link dengan member lain yang seminat.

4. Sebarkan link Anda di StumbleUpon dengan banyak beraktifitas, misalnya dengan sering memberikan review atau sekedar “I like it” pada situs atau gambar yang sudah dibookmark terutama bookmark yang populer, atau pada bookmarknya para Top Stumblers. Sering-sering mengirim message ke member lain, undang mereka mengunjungi profil Anda, atau sekedar “say hay” atau hanya dengan mengunjungi profilnya, link Anda otomatis sudah nyangkut di profil member tersebut.

5. Menambah teman sesuai minat.
StumbleUpon membatasi teman hanya 200 orang, karena itu pilihlah teman yang benar-benar targeted, maksudnya yang memiliki minat yang sesuai dengan apa yang kita promosikan. Caranya pada sudut sebelah kanan di menu “Home”, klik “browse people”, masukan kategori yang sesuai, klik search. Add as friend orang-orang yang kira-kira sesuai target promosi.

Atau bisa juga dengan browse pada menu “Website”, klik pada tag yang sesuai, atau klik pada tag situs yang dibookmark, maka akan muncul orang-orang yang memiliki minat tentang topik tersebut.

6. Join Group
Join group yang sesuai target promosi. Pada setting default, menu group belum muncul, untuk mengaktifkan group klik tools pada toolbar > toolbar options > group > ok.
Setelah menu group di toolbar muncul, klik group, maka akan di layar akan muncul pilihan :
All groups | Popular | Newest | Start a new group
Anda tinggal pilih mau join yang mana. Untuk membuat group baru hanya untuk member berbayar. Kita pilih yang gratisan aja deh.
Untuk menge-post pada group forum, klik halaman terakhir (end) nanti akan ada pilihan post.

Beberapa tips promosi website di StumbleUpon :

1. Pemilihan situs
Pilihlah situs yang betul-betul menarik & informatif untuk disharing, yang paling efektif adalah situs-situs yang berbahasa Inggris, karena mayoritas member bukan orang Indonesia.

2. Pemilihan Topik / Tag
Pemilihan topik saat bookmark sangat penting, karena dengan topik yang kita pilih itulah bookmark otomatis akan dikirim kepada member lain yang menyukai topik yang sama ketika ber-stumbling.

Masukkan tag atau kata kunci apa saja untuk mengkategorikan website yang kita bookmark, tetapi saran saya gunakan tag/topik yang populer, gunakan beberapa tag yang berbeda dalam satu bookmark. Untuk melihat tag yang populer yaitu di menu “Website” atau “People”, semakin besar hurufnya semakin populer. Semakin populer tag yang kita pilih semakin banyak trafik ke website kita.

3. Send page
Kita bisa mengirimkan page situs yang kita bookmark kepada teman (hanya teman yang telah meng-add Anda). Page tersebut otomatis akan mucul ketika dia ber-stumbling. Caranya : kunjungi situs yang akan di kirim, klik “send page” pada toolbar, pilih orang yang akan dikirimi.

4. Pasang fasilitas widget bookmark di situs Anda.
Salah satu widget bookmark yang cukup terkenal yaitu Add This

Kesimpulan
Setelah beberapa hari saya amati, untuk hari-hari pertama situs yang kita bookmark akan mengalami peningkatan trafik yang sangat tinggi, kemudian perlahan-lahan menurun dan menjadi stabil. Ini tergantung dengan content dari situs tersebut apakah menarik atau tidak dan juga banyaknya peminat terhadap topik yang kita pilih saat membookmark. Lumayanlah... apalagi gratis.

Artikel Terkait



6 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Waduh, sory, salah masuk. Komentar ini buat blog lain... Sori banget..

Anonymous said...

sipp broo aq moo coba akhh

Anonymous said...

Sebetuulnya itu stumble buat apa ya broo?

Anonymous said...

Stumble itu sebetulnya buat bookmark, bisa bookmark gambar maupun website. Kita bisa cari bookmark kita melalui tag.

Selain itu bisa juga buat search situs dan promosi situs soalnya bisa disharing ke member lain. Juga bisa buat social network (tapi dibatasi hanya 200 orang teman)

Anonymous said...

Nice artikel

Post a Comment